Hatsune Miku

Selasa, 11 November 2014

Riddle is?


Riddle? Mungkin beberapa orang tidak merasa asing dengan kata "riddle" ini. Bukan Tom Riddle salah satu tokoh di Harry Potter, ya tapi mungkin nama itu juga memiliki kaitan dengan kata "riddle". Jadi apa riddle itu? Sebenarnya dalam bahasa Inggris, riddle itu sendiri berarti teka-teki atau misteri. Ternyata cukup melekat juga dengan tokoh Tom Riddle ya. Tapi sebenarnya gimana sih bentuk riddle yang dimaksud ini?

ilustrasi 1
Bukan sekedar teka - teki biasa yang bisa kita temukan seperti di balik bungkus permen karet *eh. Riddle adalah sekumpulan kata dan kalimat yang disusun sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah rahasia dengan bentuk yang memusingkan, membingungkan, menjerumuskan, menyesatkan serta mendistorsi pikiran anda ke dalam ketidaktahuan. Biasanya cerita yang dibuat di dalam riddle ini begitu kuat, sampai - sampai kita dapat merasakan suasana cerita dan lebih terpacu untuk mencari tahu dan menyelesaikannya. Dalam menajawabnya pun kita tidak boleh asal, kita harus tahu apa permasalahan yang dicari dan dalam menjawab harus ada alasan yang kuat, masuk akal serta memiliki jawaban yang obyektif sehingga dapat diterima dengan baik.

Jangan salah, riddle ini nggak cuma permainan teka - teki iseng belaka loh. Riddle ini juga termasuk salah satu dari kategori Brain's Food atau Makanan Otak. Brain's Food ini sangat berguna dalam melatih daya pikir atau kekuatan kita dalam berpikir, seperti yang pernah Bapak Adi (guru seni budaya SMAN 1 Jember) bilang di saat memotivasi siswa - siswi IA 4 saat itu.

Seiring berkembangnya zaman, riddle ini memiliki banyak bentuk sebagai sarananya. Mulai dari kalimat sederhana, berbentuk suatu cerita, bahkan riddle sudah banyak dikonversi dan masuk ke dalam bentuk game dan film. Sebut saja The Da Vinci Code, Inception, dan masih banyak lainnya. Tapi tetap saja riddle yang begitu dikenal dan di anggap "The True Riddle" oleh para riddler yaitu riddle dalam bentuk cerita kompleks dan berbelit yang memaksa kita untuk berpikir keras bahkan membacanya berulang - ulang.

Nah, dari pada ngomong terus langsung aja kita coba "Riddle" nya...
yang pertama kita coba dari tingkatanya kesukaranya yang mudah, dan biasa kita jumpai :
1. "Pagi-pagi, aku ada dua."
    "Namun, saat siang aku hanya ada satu."
    "Aku bisa dilihat diujung api, namun aku juga bisa berada di tengah-tengah air."
    "Tanpa ku tak akan ada dunia dan cinta, karena aku seorang anak lahir."
Dalam riddle ini, clue pertama yang terlihat jelas adalah pada kalimat pertama dan kedua. Di sana tertulis menjelaskan dimana kemunculan misteri ini dan kata "aku" menunjukkan bahwa dia menjadi subjek yang dicari *you don't say ya. Pada kasus ini, kita harus jeli dalam mencerna tiap - tiap penulisan kalimatnya. Kemudian kalimat selanjutnya bertindak sebagai penjelas. Dan akhirnya kita dapat menyimpulkan hal yang kita cari adalah.. yak, huruf "i"! Cukup mudah kan..?
Sekarang kita berlanjut ke riddle yang cukup membuat kita berpikir:

 2. Pada suatu malam isteriku diserang oleh seoarang perampok ketika aku sedang dalam perjalanan pulang sehabis lelah bekerja. Isteriku menusuk perampok tersebut dengan pisau yang sedang dibawanya dan membunuhnya. Setelah menyelidiki kasus penusukan tersebut, Polisi menyatakan bahwa itu adalah perlindungan diri yang dilakukan oleh wanita tersebut. Ketika aku akan menjemputnya dari kantor polisi, dia mengatakan, “Ketika aku mendengar bel pintu kupikir itu adalah kamu, tetapi ternyata adalah perampok bertopeng yang langsung masuk segera setelah aku membuka pintu!”. Sambil memeluknya dengan erat, aku mengatakan “Kau pasti sangat ketakutan, paling tidak sekarang kau aman.”
Langsung saja kita bahas. Dalam kasus ini, clue pertama adalah sang Istri menusuk perampok tersebut, berarti saat itu dia sedang membawa pisau. Lalu yang kedua saat sang Istri bercerita di kantor polisi pada suaminya, ia mengira yang akan datang adalah sang Suami dan di sinilah permasalahannya. Mengapa sang Istri yang sdh tau jam pulang si Suami menunggu suaminya dengan membawa sebilah pisau? Kemudian clue ketiga yaitu si Suami membalas ucapan istrinya dengan memastikan dia pada saat itu dalam keadaan takut dan ia menyatakan "sekarang paling tidak kau aman".

ilustrasi 2
Jadi dengan kata lain berikut kronologinya. Si Istri memiliki niat membunuh suaminya saat sepulang kerja, niat ini terlihat saat si Istri bercerita pada suaminya di kantor polisi. Namun ternyata saat itu yang datang adalah perampok yang telah diskenario si Suami, lalu secara spontan ia membunuhnya dengan pisau yang telah ia persiapkan di tangannya. Mengapa diskenario si Suami? hal ini ditunjukan pada clue ketiga saat ia membalas perkataan istrinya,  “Kau pasti sangat ketakutan" (dia tahu hal ini akan terjadi), "paling tidak sekarang kau aman.”(dan dia tahu bahwa ia gagal dengan mengatakan kata tersirat ini). Dapat disimpulkan keduanya memiliki niat untuk saling membunuh dengan alasan bisa jadi ada permasalah di antara keduannya.


            Salah satu contoh riddle sulit ialah sebagai berikut,

          Seorang jutawan berkebangsaan Inggris bernama Alan Smith ditemukan meninggal dibunuh di kamarnya. Istrinya, Nina, orang pertama yang menemukan mayatnya, langsung menghubungi polisi. Kemudian, polisi datang dan mengadakan penyelidikan. Ternyata, polisi menemukan surat ancaman yang ditujukan kepada Alan.

            Kau mau jiwamu selamat, kan? Serahkan seluruh hartamu padaku!

            Surat itu dibuat menggunakan komputer, sehingga tidak diketahui siapa pembuatnya. Akhirnya, polisi mengumpulkan 4 orang yang kebetulan sedang berada di dalam rumah saat kematian Alan.


            Yang pertama adalah Nina, istri korban. Ia adalah penggemar fanatik angka 2 dan 3. Ia mengoleksi barang-barang sebanyak 2, 3, atau kelipatannya. Seperti, 72 lusin berlian dan baju seharga 60 ribu dolar. Sehingga, ia banyak menghabiskan uang Alan.
Tersangka kedua adalah Adam, anak sulung korban. Ia seorang penyuka jam, mempunyai banyak koleksi jam. Namun, kebiasaannya dalam mengoleksi jam serta jam-jam yang ia miliki selalu direndahkan oleh Alan.
Tersangka ketiga adalah Eden, anak bungsu korban. Ia adalah seorang jenius di kampusnya, terutama dalam pelajaran matematika. Namun, Alan tidak pernah memberinya uang saat Eden memintanya.
Tersangka keempat adalah Jean, tunangan Adam. Hubungannya dengan Adam sebenarnya tidak disetujui 100% oleh Alan. Ia sering disindir dan direndahkan oleh Alan.
Polisi yang masih belum menemukan titik terang, akhirnya kembali memeriksa barang-barang korban. Ternyata, di dalam laptopnya, polisi menemukan sebuah dokumen yang berisikan wasiat.

            Aku tahu suatu saat akan dibunuh oleh dia. Maka aku membuat kode namanya didalam laptopku. Pecahkanlah. Agar aku tenang di alam sana.

            Note: Aku sengaja memberikan itu agar tidak bisa dibaca oleh si pelaku. Kode itu sangat mendarah daging dengan si pelaku.

            Lalu, di dokumen selanjutnya polisi pun menemukan kode itu. Yang ada hanya angka.
9 3 12 9
12 0 6 3 12
9 3 12 9
8 11 0 1 4
            Hanya itu yang ada. Polisi masih berpikir keras. Siapakah pelaku yang telah membunuh Alan?

            Dari contoh riddle di atas, kita dapat menemukan jawabannya yaitu,

            Pelakunya adalah Adam, anak sulung korban. Clue-nya adalah karena dia seorang penyuka jam yang mempunyai banyak koleksi jam. Ini kodenya:
9 3 12 9
12 0 6 3 12
9 3 12 9
8 11 0 1 4
 Maka,
9 3 12 9 : Buatlah garis dari angka-angka tersebut, dengan garisnya sebagai jarum jam, angka 0 adalah pusat jarum. Jadi, jarumnya ada di angka 9, lalu berada di angka 3, kemudian taik lagi garis ke arah angka 12 dan tarik lagi ke angka 9. Dari pergerakan garisnya terhadap arah jam, maka angka-angka ini akan membentuk segitiga. segitiga identik dengan huruf A.
Nah, tadi itu beberapa contoh Riddle dan pembahasan serta jawabannya. Masih banyak lagi riddle yang lain yang berlipat - lipat lebih sulit dan memekerja-rodi-kan otak *hehe. Bahkan ada yang memerlukan wawasan internasional dan budaya, ada lagi yang memerlukan pemecahan dalam kode pemrograman, kode kuno, bahkan kode hektogram yang di rangkai dalam bentuk cerita dan masih banyak lainnya.

Jadi, nggak ada ruginya kita bermain riddle. Permainan ini dapat menjadi kegiatan positif sebagai sarana dalam mengisi waktu senggang, saat di sela waktu istirahat bersama teman - teman contohnya. Selain itu, kita juga dapat melatih daya pikir otak kita agar lebih peka dan tajam *wuiss.
"Selagi bisa jangan sia - siakan waktumu sekecil apapun itu, karena waktu adalah hal berharga yang tak tergantikan."

Source:
> Ilustrasi 1 : http://www.meredithtowbin.com/wp-content/uploads/2013/01/riddlemethis.jpg
> Ilustrasi 2 : http://hd4desktop.com/14665-blade-knife-manga-anime-hd-wallpaper/
> http://4.bp.blogspot.com/_r9Mz8nzLeVA/TAe4aF3iesI/AAAAAAAAAHw/fAnnN9pRRzg/s1600/DVDSEL1KUDO.jpg
> Contoh Riddle 1: pencurilogika.blogspot.com/2010/11/riddles.html
> Contoh Riddle 2: http://www.kaskus.co.id/thread/51a9dfef1ed7196a1c000006/reborn-kumpulan-cerita-yang-memiliki-makna-tersembunyi---part-1/
http://ahdibhaskara.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar