Hatsune Miku

Selasa, 17 Maret 2015

INILAH FAKTA MENARIK ORANG KIDAL DAN MENGAPA BEBERAPA ORANG BERTANGAN KIDAL

Manusia diciptakan paling sempurna dari mahluk lainnya, namun demikian tetap saja ada kekurangan diantara manusia itu sendiri baik secara fisik maupun non fisik. Mungkin saja diciptakan tampan dan cantik, belum tentu cerdas, atau diciptakan cerdas mungkin terlihat biasa. Namun tahukah kamu bahwa selain hal diatas, beberapa diantara kita ada yang bertangan kidal.


Presiden Barack Obama Bertangan Kiri/Kidal, gambar: basnews.com
Yah, kidal atau sebutan bagi orang yang menggunakan tangan kirinya dikebanyakan aktivitas. Berbeda dengan kita yang normal menggunakan tangan kanan, tangan kidal hanya sedikit orang saja di dunia ini. Berdasarkan data, ada sekitar 1 dari 10 orang bertangan kidal atau 10% di dunia bertangan kiri.

Bertangan kiri bukan berarti cacat, faktanya bertangan kiri atau kidal mampu menjadi ahli dalam bidangnya seperti halnya ilmuwan, olahragawan, seniman. Lalu apa yang menyebabkan beberapa orang tersebut bertangan kidal?


Sejujurnya hal tersebut masih menjadi misteri. Diluar dari kebiasaan tangan kiri merupakan tangan jelek atau untuk hal-hal yang tidak lebih baik dari tangan kanan, orang yang bertangan kiri memiliki hal-hal unik yang mungkin tidak dimiliki orang bertangan kananPara ilmuwan masih melakukan penelitian, tapi poin yang ditemukan saat ini mengenai orang bertangan kidal adalah mungkin karena kolaborasi yang kompleks antara gen dan lingkungan.

Tidak ada gen yang membuat orang bertangan kirinamun orang-orang yang dominanmenggunakan tangan kiri mereka memiliki anggota keluarga yang lebih kidalDan peneliti telah menemukan aktivitas otak yang berbeda antara orang bertangan kanan dengan bertangan kiri (kidal).

Keterampilan motorik halus (alias menggunakan tangan) sangat dipengaruhi oleh otakbegitu jugadengan bahasa. Beberapa orang percaya bahwa otak menempatkan pusat-pusat bahasa dankontrol tangan yang berdekatan di otak sebagai cara menghemat energiItu juga yang menjelaskan mengapa sebagian besar dari kita bertangan kanan.

Kebanyakan manusia dalam bahasa diproses oleh otak kiri mereka, dan otak kiri cenderungmengontrol sisi kanan tubuhJika pusat kontrol motorik halus yang terletak di sana, mungkin berartiketangkasan terletak di tangan kanan. 

Masih belum jelas mengapa beberapa orang bertangan kiri, namun peneliti menemukan fakta-fakta menarik dari orang kidal seperti yang dilansir dalam artikel dari huffingtonpost berikut ini:


Fakta Menarik Kelebihan dari Orang Kidal:


# Orang Kidal Mendengarkan pidato dengan cara berbeda

Orang kidal mungkin dapat memperhatikan pidato dengan baik dalam mendengarkan suara yang berubah dengan cepat, dibandingkan yang bertangan kanan.

Menurut sebuah studi dari Georgetown University Medical Center. Para peneliti yang melakukan penelitiandipresentasikan pada Neuroscience 2012, menemukan bahwa kiri dan kanan belahan otak mengkhususkan diri dalam berbagai jenis suaraOtak kiriyang mengontrol tangan kanan, sukaberubah dengan cepat pada suara seperti konsonan, sedangkan otak kanan mengontrol tangan kiri, suka pelan-pelan berubah terhadap suara seperti suku kata atau intonasi. 

# Orang Kidal Lebih Kreatif

Bagi orang kidal, gara-gara didominasi otak kanan, biasanya mereka jadi jauh lebih kreatif dibanding orang-orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Karena otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak seperti seni, bahasa, musik, dan emosi.

# Presiden Amerika Banyak yang Kidal

Daftar panjang para pemimpin kidal amerika meliputi empat dari tujuh presiden diantaranya: Obama,Bill Clinton, George HW Bush, dan Gerald Ford - serta presiden masa lalu James Garfield dan HarryTruman.

# Orang Kidal Lebih Baik dalam Olahraga

Legenda golf Phil Mickelson, juara Tennis Rafael Nadal, juara Tinju Oscar de la Hoya - apakah Anda tahu bahwa sejumlah superstar olahraga favorit tersebut kidal? Bahkan untuk bulutangkis, para juara kebanyakan bertangan kidal seperti Peter Gade dari Jerman, Lee Chong Wei dari Malaysia serta sang juara bertahan Lin Dan dari China.

# Terdapat Hari Internasional Untuk Orang Kidal

13 Agustus adalah hari internasional bagi orang bertangan kidal. Diteteapkan pertama kali pada tahun 1992 oleh petenis kidal yang berbasis di Klub Inggris untuk meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup kidal. 

# Orang Kidal Lebih Cerdas? 

Cek video dari CBS Newstentang wawancaranya dengan Bill Gates yang juga kidalmengenai pertanyaan orang kidal apakah lebih cerdas? Tak dipungkiri Isaac Newton, Albert Einsteinmerupakan orang paling berpengaruh di dunia bertangan kidal. 

Fakta Menarik Kekurangan dari Orang Kidal


# Orang Kidal Beresiko ADHD

Sekitar 20 persen orang dengan skizofrenia dominan menggunakan tangan kiri merekaKebetulan?Mungkin tidakkata para ilmuwanyang juga menemukan peningkatan risiko untuk disleksiaADHD,dan gangguan mood tertentu pada orang kidalmenurut sebuah artikel Wall Street Journal baru-baru ini.

Namun kabar baiknya, sebuah survei lebih dari 1,4 juta pesertayang diterbitkan dalam jurnallateralitasmenemukan bahwa orang kidal memiliki tingkat yang lebih rendah dari penyakit arthritisdan bisul.

# Orang Kidal Ternyata Lebih Penakut

Jika Anda kidalanda mungkin akan ketakutan saat menonton film serem. Itu karena orang-orang yang menggunakan tangan kiri cenderung lebih terpengaruh oleh ketakutan dari orang-orang yangmenggunakan tangan kanan merekamenurut penelitian terbaru yang dipresentasikan padakonferensi tahunan Psikologi Masyarakat Inggris terhadap hasil penelitiannya.

# Orang Kidal Lebih Cepat Emosi

Menurut sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Nervous and Mental Disease,orang kidal lebih rentan untuk mengalami emosi negatifSelain itu, mereka tampaknya memiliki waktu yang lebih sulit memproses perasaan mereka. 

Hal ini tampaknya berhubungan dengan koneksi otak dan tangan. Dibandingkan dengan orang  bertangan kanan, peserta kidal dalam penelitian ini menunjukkan ketidakseimbangan dalamkegiatan antara belahan otak kiri dan kanan ketika mencoba untuk memproseskemurungan/masalah mereka. 

# Orang Kidal Mudah Kecanduan Alkohol

Berdasarkan penelitian, orang kidal lebih mudah kecanduan alkohol dibandingkan dengan orang tidak kidal. Akan tetapi hal ini masih menjadi perdebatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar