Hatsune Miku

Selasa, 17 Maret 2015

VIDEO TAHUN KEEMASAN EINSTEIN DAN 4 TEORI POPULER EINSTEIN

Einstein, ya, dialah salah satu manusia tercerdas yang pernah kita kenal dalam bidang science terutama fisika dan matematika yang sampai saat ini menjadi bagian penting kehidupan. Teori-teori science nya mempengaruhi kehidupan modern saat ini dalam beragam teknologi bahkan kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari.

Albert Einstein
Albert Einstein meraih Nobel Prize dalam bidang Fisika tahun 1921, juga merupakan seorang ilmuwan yang masuk dalam daftar tokoh paling berpengaruh di dunia, seperti halnya Newton dengan teori fisikanya tentang gerak.

Einstein tak kenal lelah menelaah tentang sesuatu yang ingin ia benar-benar ketahui, seperti halnya ke-empat teori yang saat ini masih menjadi patokan fisikawan generasi penerusnya dalam mempelajari alam dan sekitarnya, mempelajari teknologi dan pengaruhnya.

berikut adalah masa keemasan Einstein dan empat teori Einstein yang paling populer dan sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.


Masa keemasan Einstein dimulai tahun 1905 yang mengemukakakn teori tentang (1) "Efek Fotolistrik". Teori ini menyatakan bahwa terjadinya proses pelepasan elektron dari logam tipis ketika disinari partikel alfa (sinar radioaktif). Berkat penemuannya, Einstein dianugerahi penghargaan Nobel tahun 1921.

(2) Gerak Brown (Brownian Motion) merupakan teroi Einstein masih di tahun 1905. Teori ini menerangkan bagaimana sebuah gerak yang terjadi secara terus menerus dari partikel zat cair ataupun gas dikenal fluida. Sebelumnya teroi ini dikemukakan oleh Robert Brwon, namun Einstein lah yang mampu mengangkat teori ini menjadi perhatian ilmuwan dunia.

(3)  Teori Relativitas ia temukan masih di tahun yang sama. Temuan inilah yang saat ini masih misteri dan belum terpecahkan secara detail.

(4) Tahun 1921, untuk terakhir kalinya, ia melengkapi teori relativitas yang dikenal teori relativitas khusus. Einstein kembali menemukan bahwa energi sebanding dengan masa dan kuadran kecepatan cahaya atau yang dirumuskan menjadi E = mc*2. Atau teori ini sering dikenal dengan teori relativitas umum (sebagai hasil penggabungan relativitas khusus serta hukum gravitasi newton).

Teori relativitas einstein telah mampu diterapkan dalam teknologi masa kini salah satunya berkenaan dengan gelombang elektromagnetik serta GPS (Global Positioning System).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar